Runtuhnya
Pemerintahan Orde Baru Pada Masa Reformasi
Runtuhnya Orde Baru dan munculnya Orde Reformasi
Krisis multidimensi
yang melanda Indonesia membuat pemerintahan Orde Baru runtuh.
Krisis multidimensi tersebut diantaranya krisis ekonomi, krisis politik, krisis
moral serta kepemimpinan dan sebagainya.
Keadaan yang semakin
memburuk ini membuat rakyat tidak percaya lagi kepada pemerintah sehingga
terjadi demontrasi di mana-mana. Kemarahan rakyat terhadap pemerintah
memuncak pada bulan Mei 1998 dengan menuntut diadakannya reformasi atau
perubahan di segala bidang baik bidang politik, ekonomi, hukum maupun sosial
budaya. Demontrasi yang dipelopori mahasiswa ini menuntut dihapuskannya KKN,
penurunan harga-harga kebutuhan pokok, dan Soeharto turun dari jabatan
Presiden.
Ketika para mahasiswa
melakukan demonstrasi pada tanggal 12 Mei 1998 terjadilah bentrokan dengan
aparat kemananan yang mengakibatkan terjadinya Peristiwa Semanggi (Tragedi
Trisakti). Di mana dalam peristiwa itu empat mahasiswa Trisakti meninggal saat
bentrok dengan aparat keamanan. Keempat mahasiswa itu yaitu Elang Mulya
Lesmana, Hery Hartanto, Hendriawan Sie, Hafidhin Royan. Keempat mahasiswa
tersebut dikenal sebagai Pahlawan Reformasi.
Pada tanggal 13-15
Mei 1998 terjadi kerusuhan di beberapa kota di Indonesia (Jakarta, Solo). Pada
tanggal 19 Mei 1998, mahasiswa bersama rakyat kembali berdemontrasi menuntut
Presiden Soeharto turun dari jabatannya. Untuk meredam situasi, Presiden
Soeharto mereshuffle Kabinet Pembangunan VII menjadi Kabinet Reformasi. Selain
itu juga akan membentuk Komite Reformasi yang bertugas menyelesaikan UU Pemilu,
UU Kepartaian, UU Susduk MPR, DPR, dan DPRD, UU Antimonopoli, dan UU
Antikorupsi. Pembentukan Kabinet Reformasi gagal karena banyak tokoh tidak mau
menjadi menteri dalam Kabinet Reformasi.
Pada tanggal 21 Mei
1998, pukul 09.00 WIB, berlangsung di Istana Merdeka, Presiden Soeharto dari
jabatannya sebagai presiden RI dan menyerahkan jabatannya kepada Wakil Presiden
B.J. Habibie. Peristiwa ini menandai berakhirnya kekuasaan Orde Baru dan
dimulainya Orde Reformasi.
1.
Masa pemerintahan B.J. Habibie
B.J. Habibie adalah presiden ketiga RI. Sebelum menjadi
presiden, beliau adalah wakil presiden mendampingi Soeharto.
Aksi demonstrasi dan tuntutan reformasi memaksa Soeharto mundur dari jabatannya (21 Mei 1998) dan digantikan oleh Habibie. B.J. Habibie menjadi presiden ketiga RI dalam masa yang sangat singkat (Mei 1998 - Oktober 1999).
Beliau menolak dicalonkan kembali oleh partai Golongan Karya (Golkar) setelah laporan pertanggungjawabannya ditolak oleh MPR pada bulan Oktober 1999.
Menanggapi tuntutan reformasi yang terus bergulir, pemerintah berusaha mengadakan perbaikan di segala bidang.
Aksi demonstrasi dan tuntutan reformasi memaksa Soeharto mundur dari jabatannya (21 Mei 1998) dan digantikan oleh Habibie. B.J. Habibie menjadi presiden ketiga RI dalam masa yang sangat singkat (Mei 1998 - Oktober 1999).
Beliau menolak dicalonkan kembali oleh partai Golongan Karya (Golkar) setelah laporan pertanggungjawabannya ditolak oleh MPR pada bulan Oktober 1999.
Menanggapi tuntutan reformasi yang terus bergulir, pemerintah berusaha mengadakan perbaikan di segala bidang.
1) Kebijakan dalam bidang politik
Dalam bidang politik melahirkan
beberapa Undang-undang diantaranya: UU No. 2 Tahun 1999 tentang Partai Politik; UU
No. 3 Tahun 1999 tentang Pemilihan Umum; UU No. 4 Tahun 1999 tentang Susunan
dan Kedudukan DPR/MPR.
2) Kebijakan dalam bidang ekonomi
Untuk memperbaiki perekonomian yang
terpuruk, pemerintah membentuk Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).
Selanjutnya pemerintah mengeluarkan UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan
Praktik Monopoli dan Persaingan Tidak Sehat, serta UU No. 8 Tahun 1999 tentang
Perlindungan Konsumen.
3) Kebebasan menyampaikan pendapat
dan pers
Hal ini terlihat dari munculnya
partai-partai politik dari berbagai golongan dan ideologi. Masyarakat bisa
menyampaikan kritik secara terbuka kepada pemerintah. Di samping kebebasan
dalam menyatakan pendapat, kebebasan juga diberikan kepada pers Reformasi dalam
pers dilakukan dengan cara menyederhanakan permohonan Surat Izin Usaha
Penerbitan (SIUP).
4) Pelaksanaan Pemilu
Pada masa pemerintahan B.J. Habibie,
berhasil diselenggarakan pemilu multipartai yang damai dan pemilihan presiden
yang demokratis. Pemilu tersebut diikuti oleh 48 partai politik pada tanggal 7
Juni 1999. Parpol pemenang pemilu tahun 1999 berturut-turut yaitu PDIP, GOLKAR,
PPP, PKB, PAN.
Pada tanggal 10-14 November 1998,
pemerintahan B.J. Habibie menyelenggarakan SI MPR dengan hasil: Mengamanatkan
presiden untuk memberantas KKN; Agar Segera menyelenggarakan pemilu.
Dalam pemilu ini diharapkan dapat
menghasilkan MPR dan DPR reformasi. Dalam Sidang Umum MPR,
pertanggung jawaban Presiden BJ. Habibie ditolak, maka jatuhlah pemerintahan
BJ. Habibie. Kemudian Sidang Umum MPR melanjutkan pemilihan presiden dan wakil
presiden pada tanggal 20 Oktober 1999, dan yang terpilih menjadi presiden yaitu
KH. Abdurrahman Wahid dan wakilnya yaitu Megawati Soekarnoputri.
2.
K.H. Abdurrahman Wahid (29 Oktober 1999 - 23 Juli 2001)
K.H.
Abdurrahman Wahid (Gus Dur) adalah presiden RI yang keempat. Dalam sidang umum
MPR 1999, Gus Dur terpilih menjadi presiden RI keempat sejak 29 Oktober 1999
hingga 23 Juli 2001 menggantikan Presiden B.J. Habibie.
Gus Dur dinilai sebagai tokoh yang dapat diterima di antara calon presiden lain ketika itu. Pesaing utamanya, Megawati Soekarnoputri mendampinginya sebagai wakil presiden.
Pada masa pemerintahannya, Gus Dur merangkul sebanyak mungkin golongan dalam kabinetnya dan berusaha memperbaiki perekonomian Indonesia yang terpuruk sejak krisis ekonomi 1997. Oleh karena itu, kabinetnya dinamakan Kabinet Persatuan Nasional.
Pada masa pemerintahan K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), banyak upaya pemulihan dilakukan, baik dalam bidang politik, ekonomi, pemerintahan, hukum, serta pertahanan dan keamanan.
Gus Dur dinilai sebagai tokoh yang dapat diterima di antara calon presiden lain ketika itu. Pesaing utamanya, Megawati Soekarnoputri mendampinginya sebagai wakil presiden.
Pada masa pemerintahannya, Gus Dur merangkul sebanyak mungkin golongan dalam kabinetnya dan berusaha memperbaiki perekonomian Indonesia yang terpuruk sejak krisis ekonomi 1997. Oleh karena itu, kabinetnya dinamakan Kabinet Persatuan Nasional.
Pada masa pemerintahan K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), banyak upaya pemulihan dilakukan, baik dalam bidang politik, ekonomi, pemerintahan, hukum, serta pertahanan dan keamanan.
a. Di Bidang Politik
Berkembangnya
keterbukaan politik dan kontrol politik rakyat atas negara telah memberikan
jaminan bagi masyarakat untuk menikmati hak-hak sipil dan politik, seperti yang
tercermin dalam kebebasan pers, kebebasan mengemukakan pendapat, kebebasan
berorganisasi, dan lain-lain.
b. Bidang Ekonomi
Adanya
nilai rupiah yang terus merosot tajam mendorong pemerintah untuk melakukan
penyelamatan yang dilakukan melalui program rekapitalisasi dan penutupan bank
(likuidasi).
c. Bidang Pemerintahan
Untuk mengatasi semua gangguan pemerintahan akibat
adanya gerakan sparatis, pemerintah perlu memberikan otonomi yang seluas
mungkin kepada daerah-daerah untuk mengelola daerahnya sendiri sesuai dengan
kepentingan dan kemampuan masing-masing.
Untuk
itu, pemerintah mengeluarkan UU No. 22 Tahun 1999 tentang otonomi daerah dan UU
No. 25 Tahun 1999 tentang pembagian pendapatan negara antara pemerintah pusat
dan pemerintah daerah.
d. Bidang Hukum
Masalah
pelanggaran hak asasi manusia (HAM) menjadi masalah utama dalam Reformasi.
Pelanggaran HAM di Indonesia dapat dikategorikan sangat tinggi, mulai dari
kasus Timor Timur, Ambon, Papua, Kalimantan Barat, Tanjung Priok, Trisakti, dan
lain-lain.
Tragedi kemanusian tersebut berlangsung secara terbuka. Untuk itu pemerintah menegaskan perlunya pengadilan HAM. Pengadilan HAM merupakan bentuk ekstrim akibat adanya pelanggaran HAM.
Gagasan pembentukan pengadilan ini kemudian diwujudkan dengan lahirnya UU No. 39 Tahun 1999 tentang Peradilan HAM dan Perpu No. 1 Tahun 1999 tentang Pengadilan HAM.
Selain pembentukan pengadilan HAM, juga dibentuk Komisi Kebenaran, yaitu badan yang didirikan untuk menyelidiki sejarah tindak kekerasan di negara tertentu, baik oleh kalangan militer, pejabat pemerintah, maupun masyarakat bersenjata.
Selama tahun 2000 terjadi ketegangan politik antara Presiden Abdurrahman Wahid dan DPR/ MPR berkaitan dengan penyelewengan keuangan badan urusan logistik (Bulog). Selain persoalan ini, salah satu pemicu lainnya adalah pergantian
kepala polisi negara (Kapolri). Ketegangan ini menyebabkan DPR meminta MPR untuk mengadakan Sidang Istimewa (SI MPR).
Permintaan DPR dikabulkan oleh MPR. Untuk mencegah SI MPR, presiden mengeluarkan “maklumat” pembubaran DPR/MPR pada tanggal 23 Juli 2001.
Maklumat ini ditolak oleh ketua Mahkamah Agung, ketua MPR, dan Panglima TNI. MPR pun segera mempercepat pelaksanaan SI MPR (23 Juli 2001) untuk menurunkan Abdurrahman Wahid dari jabatannya sebagai presiden RI.
Tragedi kemanusian tersebut berlangsung secara terbuka. Untuk itu pemerintah menegaskan perlunya pengadilan HAM. Pengadilan HAM merupakan bentuk ekstrim akibat adanya pelanggaran HAM.
Gagasan pembentukan pengadilan ini kemudian diwujudkan dengan lahirnya UU No. 39 Tahun 1999 tentang Peradilan HAM dan Perpu No. 1 Tahun 1999 tentang Pengadilan HAM.
Selain pembentukan pengadilan HAM, juga dibentuk Komisi Kebenaran, yaitu badan yang didirikan untuk menyelidiki sejarah tindak kekerasan di negara tertentu, baik oleh kalangan militer, pejabat pemerintah, maupun masyarakat bersenjata.
Selama tahun 2000 terjadi ketegangan politik antara Presiden Abdurrahman Wahid dan DPR/ MPR berkaitan dengan penyelewengan keuangan badan urusan logistik (Bulog). Selain persoalan ini, salah satu pemicu lainnya adalah pergantian
kepala polisi negara (Kapolri). Ketegangan ini menyebabkan DPR meminta MPR untuk mengadakan Sidang Istimewa (SI MPR).
Permintaan DPR dikabulkan oleh MPR. Untuk mencegah SI MPR, presiden mengeluarkan “maklumat” pembubaran DPR/MPR pada tanggal 23 Juli 2001.
Maklumat ini ditolak oleh ketua Mahkamah Agung, ketua MPR, dan Panglima TNI. MPR pun segera mempercepat pelaksanaan SI MPR (23 Juli 2001) untuk menurunkan Abdurrahman Wahid dari jabatannya sebagai presiden RI.
3.
Masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri
Megawati
Soekarnoputri menjabat presiden RI dengan wakilnya yaitu Hamzah Haz.
Pengangkatan Megawati Soekarnoputri ini didasarkan pada Tap MPR No.
III/MPR/2001 dengan masa jabatan terhitung dari hari di mana Presiden
mengucapkan Sumpah Presiden sampai tahun 2004. Kabinet yang dipimpin Megawati
Soekarnoputri diberi nama Kabinet Gotong Royong yang diumumkan pada
tanggal 9 Agustus 2001. Pada masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri,
pemerintah berhasil melaksanakan pemilihan umum.
Megawati dikenal sebagai seorang nasionalis sejati yang
konsisten dengan sikap dan tindakan yang tetap mempertahankan keutuhan NKRI
yang hampir tercerai-berai.
Pada masa pemerintahannya, Megawati mengeluarkan UU No.
32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. UU tersebut disahkan pada tanggal 15
Oktober 2004.
KONDISI
SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT INDONESIA PASCA REFORMASI
Reformasi merupakan
suatu gerakan yang menghendaki adanya perubahan kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara ke arah yang lebih baik secara konstitusional.Artinya,
adanya perubahan kehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, sosial, dan
budaya yang lebih baik, demokratis berdasarkan prinsip kebebasan, persamaan,
dan persaudaraan.
Tuntutan reformasi
menghendaki adanya perubahan dan perbaikan di segala aspek kehidupan yang lebih
baik. Namun, pada praktiknya tuntutan reformasi telah disalahgunakan oleh para
petualanng politik hanya untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya. Pada era
reformasi, konflik yang terjadi di masyarakat semakin mmudah terjai dan sering
kallli bersifat etnis di berbagai daerah. Kondisi sosial masyarakat yang kacau
akibat lemahnya hukkum dan perekonomian yang tidak segera kunjng membaik
menyebabkan sering terjadi gesekan-gesekan di dalam masyarakat. Beberapa
konflik sosial yang terjadi pada era reformasi berlangsung dibeberapa wilayah.
Kondisi Sosial Masyarakat Sejak Reformasi
Sejak krisis moneter yang melanda pada pertengahan tahun 1997, perusahaan perusahaan swasta mengalami kerugaian yang tidak sedikit, bahkan pihak perusahaan mengalami kesulitan memenuhi kewajibannya untuk membayar gaji dan upah pekerjanya.
Keadaan seperti ini menjadi masalah yang cukup berat karena disatu sisi perusahaan mengalami kerugaian yang cukup besar dan disisi lain para pekerja menuntut kenaikan gaji. Tuntutan para pekerja untuk menaikkan gaji sangat sulit dipenuhi oleh pihak perusahaan, akhirnya banyak perusahaan yang mengambil tindakan untuk mengurangi tenaga kerja dan terjadilah PHK.
Para pekerja yang deberhentikan itu menambah jumlah pengangguran, sehingga jumlah pengangguran diperkirakan mencapai 40 juta orang. Pengangguran dalam jumlah yang sangat besar ini akan menimbulkan terjadinya masalah masalah social dalam kehidupan masyarakat. Dampak susulan dari pengangguran adalah makin maraknya tindakan tindakan criminal yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.
Oleh karena itu hendaknya pemerintah dengan serius menangani masalah pengangguran dengan membuka lapangan kerja yang dapat menampung para penganggur tersebut. Langkah berikutnya, pemerintah hendaknya dapat menarik kembali para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia, sehingga dapat membuka lapangan kerja baru untuk menampung para penganggur tersebut. Masalah pengangguran merupakan masalah social dalam kehidupan masyarakat dan sangat peka terhadap segala bentuk pengaruh.
Kondisi Sosial Masyarakat Sejak Reformasi
Sejak krisis moneter yang melanda pada pertengahan tahun 1997, perusahaan perusahaan swasta mengalami kerugaian yang tidak sedikit, bahkan pihak perusahaan mengalami kesulitan memenuhi kewajibannya untuk membayar gaji dan upah pekerjanya.
Keadaan seperti ini menjadi masalah yang cukup berat karena disatu sisi perusahaan mengalami kerugaian yang cukup besar dan disisi lain para pekerja menuntut kenaikan gaji. Tuntutan para pekerja untuk menaikkan gaji sangat sulit dipenuhi oleh pihak perusahaan, akhirnya banyak perusahaan yang mengambil tindakan untuk mengurangi tenaga kerja dan terjadilah PHK.
Para pekerja yang deberhentikan itu menambah jumlah pengangguran, sehingga jumlah pengangguran diperkirakan mencapai 40 juta orang. Pengangguran dalam jumlah yang sangat besar ini akan menimbulkan terjadinya masalah masalah social dalam kehidupan masyarakat. Dampak susulan dari pengangguran adalah makin maraknya tindakan tindakan criminal yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.
Oleh karena itu hendaknya pemerintah dengan serius menangani masalah pengangguran dengan membuka lapangan kerja yang dapat menampung para penganggur tersebut. Langkah berikutnya, pemerintah hendaknya dapat menarik kembali para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia, sehingga dapat membuka lapangan kerja baru untuk menampung para penganggur tersebut. Masalah pengangguran merupakan masalah social dalam kehidupan masyarakat dan sangat peka terhadap segala bentuk pengaruh.
Beberapa konflik sosial yang terjadi
pada era reformasi berlangsung di beberapa wilayah, antara lain sebagai berikut
:
1. Kalimantan
Barat
Konflik sosial yang terjadi di
Kalimantan Barat melibatkan etnik Melayu, Dayak, dan Madura. Kejadian bermula
dari tertangkapnya seorang pencuri di Desa Parisetia, Kecamatan Jawai, Sambas,
Kalimantan Barat yang kemudian dihakimi hingga tewas pada tanggal 19 Januari
1999.
2. Kalimantan
Tengah
Pada tanggal 18 Februari 2001 pecah
konflik antara etnis Madura dan Dayak. Konflik itu diawali dengan terjadinya
pertikaian perorangan antaretnis di Kalimantan Tengah. Sampai sekarang pun
pengungsi Sampit masih menjadi masalah pemerintah.
3. Sulawesi
Tengah
Konflik sosial di Sulawesi Tengah
tepatnya di daerah Poso berkembang menjadi konflik antaragama. Kejadian dipicu
oleh perkelahian antara Roy Luntu Bisalembah (Kristen) yang kebetulan sedang
mabuk dengan Ahamd Ridwan (Islam) di dekat Masjid Darussalam pada tanggal 26
Desember 1998.
Ampi pelaku kekerasan. Masyarakat sudah
muak berbagai kasus besar melibatkan pejabat negara dan oknum militer tidak
tertangani sampai tuntas meskipun mereka dinyatakan bersalah.
Sedangkan masalah ekonomi, selama masa
tiga bulan kekuasaan pemerintah B.J. Habibie, ekonomi Indonesia belum mengalami
perubahan yang berarti. Sungguhpun begitu, pemerintah tetap berusaha memuluhkan
keadaan ekonomi Indonesia. Segala cara telah dilakukan agar rakyat segera
terlepas dari krisis ini. Partisipasi dari setiap warga negara sangat
diharapkan untuk dapat segera memulihkan keadaan mewujudkan masyarakat adil dan
makmur sesuai Pembukaan UUD 1945
Kondisi Ekonomi Masyarakat
Indonesia
Sejak berlangsungnya krisis moneter pertengahan tahun 1997, ekonomi Indonesia mulai mengalami keterpurukan. Keadaan perekonomian makin memburuk dan kesejahteraan rakyat makin menurun. Pengangguran juga semakin luas. Sebagai akibatnya, petumbuhan ekonomi menjadi sangat terbatas dan pendapatan perkapita cenderung memburuk sejak krisis tahun 1997.
Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan kehidupan rakyat, pemerintah melihat lima sector kebijakanyang harus digarap, yaitu :
• perluasan lapangan kerja secara terus menrus melalui investasi dalam dan luar negeri se efisien mungkin.
Sejak berlangsungnya krisis moneter pertengahan tahun 1997, ekonomi Indonesia mulai mengalami keterpurukan. Keadaan perekonomian makin memburuk dan kesejahteraan rakyat makin menurun. Pengangguran juga semakin luas. Sebagai akibatnya, petumbuhan ekonomi menjadi sangat terbatas dan pendapatan perkapita cenderung memburuk sejak krisis tahun 1997.
Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan kehidupan rakyat, pemerintah melihat lima sector kebijakanyang harus digarap, yaitu :
• perluasan lapangan kerja secara terus menrus melalui investasi dalam dan luar negeri se efisien mungkin.
• Penyediaan barang
kebutuhan pokok sehari hari untuk memenuhi permintaan pada harga yang
terjangkau.
• Penyediaan failitas umum seperti rumah, air minum, listrik, bahan baker, komunikasi, angkutan dengan harga terjangkau.
• Penyediaan ruang sekolah, guru dan buku buku untuk pendidikan umum dengan harga terjangkau.
• Penyediaan klinik, dokter dan obat onbatan untuk kesehatan umum dengan harga yang terjangkau pula.
Disamping penanganan masalah pengangguran,dalam rangka meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat, pemerintah hendaknya juga memperhatikan harga harga produk pertanian Indonesia, karena selama masa pemerintahan Orde Baru maupun sejak krisis 1997 tidak pernahberpihak kepada petani. Apabila pendapatan petani meningkat, maka permintaan petani terhadap barang barang non pertanian juga meningkat. Dengan ditetapkannya harga produk pertanian yang tidak merugikan petani, maka para petani yang mampu membeli produk industri non pertanian akan memberi semangat bangkitnya para pengusaha untuk mengembangkan kegiatan perusahaannya.
Pihak pemerintah telah berusaha untuk membawa Indonesia keluar dari krisis. Tetapi tidak mungkin dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, pemerintah membuat skala prioritas yang artinya hal mana yang hendaknya dilakukan agar Indonesia keluar dari krisis.
Terpilihnya presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Megawati Soekarno Putri yang naik menggantikan Gus Dur bertugas untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan rakyat dengan meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat. Namun dengan kondisi perekonomian Negara yang ditinggalkan oleh pemerintahan Soeharto, tidak mungkin dapat diatasi oleh seorang Presiden dalam waktu singkat. Oleh sebab itu untuk mengatasi krisis, presiden sebagai pemegang kekuasaan pemerintahan Republik Indonesia, memerlukan penyelesaian secara bertahap berdasarkan skala prioritas.
• Penyediaan failitas umum seperti rumah, air minum, listrik, bahan baker, komunikasi, angkutan dengan harga terjangkau.
• Penyediaan ruang sekolah, guru dan buku buku untuk pendidikan umum dengan harga terjangkau.
• Penyediaan klinik, dokter dan obat onbatan untuk kesehatan umum dengan harga yang terjangkau pula.
Disamping penanganan masalah pengangguran,dalam rangka meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat, pemerintah hendaknya juga memperhatikan harga harga produk pertanian Indonesia, karena selama masa pemerintahan Orde Baru maupun sejak krisis 1997 tidak pernahberpihak kepada petani. Apabila pendapatan petani meningkat, maka permintaan petani terhadap barang barang non pertanian juga meningkat. Dengan ditetapkannya harga produk pertanian yang tidak merugikan petani, maka para petani yang mampu membeli produk industri non pertanian akan memberi semangat bangkitnya para pengusaha untuk mengembangkan kegiatan perusahaannya.
Pihak pemerintah telah berusaha untuk membawa Indonesia keluar dari krisis. Tetapi tidak mungkin dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, pemerintah membuat skala prioritas yang artinya hal mana yang hendaknya dilakukan agar Indonesia keluar dari krisis.
Terpilihnya presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Megawati Soekarno Putri yang naik menggantikan Gus Dur bertugas untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan rakyat dengan meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat. Namun dengan kondisi perekonomian Negara yang ditinggalkan oleh pemerintahan Soeharto, tidak mungkin dapat diatasi oleh seorang Presiden dalam waktu singkat. Oleh sebab itu untuk mengatasi krisis, presiden sebagai pemegang kekuasaan pemerintahan Republik Indonesia, memerlukan penyelesaian secara bertahap berdasarkan skala prioritas.
1.
Perekonomian
Indonesia Masa Pemerintahan Habibie
Masa pemerintahan
Habibie ditandai dengan dimulainya kerjasama dengan Dana Moneter Internasional
untuk membantu dalam proses pemulihan ekonomi. Melalui IMF, pemerintah berhasil
mendapat pinjaman sebesar SDR 1,011 milyar atau setara dengan 1,34 milyar dolar
AS. Sejak tahun 1999, BI menjadi sebuah institusi independen yang lepas dari
pengaruh pemerintah dan tidak bisa diinterverensi oleh siapapun.
Kebijakan moneter yang pada masa sebelumnya ditentukan oleh pemerintah, pada
era reformasi murni ditentukan oleh Dewan Gubernur BI.
2.
Perekonomian
Indonesia Masa Pemerintahan Gus Dur
Beberapa hal penting
terkait dengan perkembangan perekonomian Indonesia masa Presiden Abdurahman
Wahid diantaranya sebagai berikut:
a. Secara keseluruhan, perjalanan
ekonomi Indonesia sepanjang pemerintahan Abdurahman Wahid masih belum stabil.
b. Hingga tahun 2001 posisi rupiah
senantiasa berada di atas 10.000 per dolar AS.
c. Tingkat pertumbuhan ekonomi hingga
akhir jatuhnya pemerintah Abdurahman Wahid hanya sebesar 3 persen.
d.Terkait hubungan RI dengan lembaga
keuangan internasional, utamanya IMF, pada tanggal 4 februari 2000, terjadi
kesepakatan antara pemerintah dengan IMF tentang pemberian pinjaman jangka
menegah kepada Indonesia sebesar SDR 3,638 milyar (sekitar 5 milyar dolar AS)
untuk mendukung program reformasi ekonomi dan struktur Indonesia.
3.
Perekonomian
Indonesia Masa Pemerintahan Megawati
Ketika kepemimpinan
nasional beralih dari Abdurahman Wahid ke Megawati, pada awalnya ada harapan
cerah dari banyak pihak dan seluruh rakyat akan menguatnya nilai rupiah
dan pertumbuhan ekonomi nasional. Harapan itu seakan menjadi kenyataan, ketika dalam
dua minggu pertama pemerintahan Megawati, rupiah mengalami penguatan menembus
angka Rp. 8.650 per dolar AS. Tetapi harapan itu segera sirna setelah menginjak
bulan ketiga posisi rupiah kembali melorot ke tingkat Rp. 10.250 per satu dolar
AS. Agenda utama perekonomian Indonesia masa pemerintahan Megawati
adalah upaya perbaikan hubungan dengan lembaga-lembaga keuangan
multilateral terutama IMF.
Fahmi Khalis
Terima Kasih
BalasHapusSaya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.
Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.
saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.
Pembayaran yang fleksibel,
Suku bunga rendah,
Layanan berkualitas,
Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan
Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)
Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)