Selasa, 09 Januari 2018

Jenis-jenis Isolator Cair

Jenis – jenis isolator cair

Isolator cair merupakan minyak isolasi. Minyak isolasi ini terbagi beberapa jenisnya, berdaasarkan bahan pembuatannya. Minyak isolasi berasal dari olahan minyak bumi, yg saat ini banyak digunakan dan diteliti adalah minyak isolasi yg berasal dri tumbuh-tumbuhan atau disebut jugaa minyak “nabati”(minyak organik).
1.   Minyak Isolasi Yang Berasal Dari Olahan Minyak Bumi
a.   Minyak isolasi mineral
Minyak isolasi mineral merupakan minyak bumi yang diproses secara destilasi. Minyak yg sudah di destilasi harus mengalami beberapa proses untuk memperoleh tahanan siolasi yg tinggi, stabilitan panas yg membaik, dan memenuhi syarat teknis yg lainya.
Minyak isolasi mineral umumnya sering  digunakan pada peralatan yg  bertegangan tinggi seperti :
·        Transformator daya
·        Kapasitor daya
·        Kabel daya
·        Circuit breaker (pemutus daya)
Miyak isolator dapat berfungsi sebagai bahan dielektrik, bahan pendingin dan pemadam busur api.
b.   Minyak Iisolasi Sintesis
Minyak Iisolasi Sintesis merupakan miyak yg diperoses secara kimia untuk mendapatkan karakteristik yang lebih baik dari minyak isolasi mineral.
Tepapi minyak isolasi ini memiliki beberapa kelemahan, yaitu:
-       Sifatnya mudah beroksidasi dengan udara
-       mengalami pemburukan yang cepat
-       sifat kimianya bisa berubah akibat kenaikan temperature
Serta tidak dapat terurai sempurna, apabila mengalami kebocoran bisa menimbulkan pencemaran lingkungan.
Beberapa contoh dari minyak isolasi sintesis :
Ø  Askarel
Askarel adalah minyak isolasi sintesis yang tidak mudah terbakar apabila terjadi percikan api dan tidak menghasilkan gas yang mudah terbakar. Salah satu jenis dari asrekal yang sering digunakan adalah jenis clorinated hydrokarbon.
Kelebihan dri Askaler :
·         Kekuatan dielektriknya tinggi
·         Sifat thermal, sifat kimia, dan sifat listriknya relatif stabil

Kekurangan dari minyak ini:
Apabila terjadi percikan api dapat mengahasilkan asam klorida (HCL) yang bersifat korosif pada logam.

Ø  Silikon Cair (silicon liquids)

Silikon cair adalah minyak yang berasal dari campuran atom silikon (si) dan oksigen (02) dengan bahan organik seperti methyl dan phenyl.

Kelebihan minyak ini :
·         Mempunyai ketahanan yang baik pada temperatur tinggi, yaitu berkisar 200oC.
·         Permitivitasnya rendah ( 2,20 – 2,27)
·         Tahan terhadap tegangan dengan frekuensi tinggi, hingga 1 Mhz

Kekurangan minyak ini :
·         Dapat menghasilkan gas yang banyak apabila terjadi percikan api, sehingga menurunkan kekuatan dielektriknya
·         Harganya relatif mahal, sehingga jarang digunakan untuk transformator berdaya besar.

Ø  Flourinasi cair (Flourinated Liquids)

Minyak ini berbahan dasar senyawa organik yang sebagian atom karbonnya telah digantikan oleh flour organik.

Kelebihan minyak ini :
·         Sifat kimianya yang sangat stabil dan dapat digunakan secara kontinuitas pada suhu 200oC dan bahkan lebih
·         Mempunyai transfer panas yang baik daripada minyak isolasi mineral dan minyak isolasi silikon

Kekurangan minyak ini :
·         Penurunan sifat-sifat dielektrik yang disebabkan oleh kandungan air
·         Mempunyai sifat mudah menguap

Ester Sintesis
Minyak ini adalah minyak yang diolah sedemikian rupa dari minyak parafin untuk memperoleh karakteristik yang lebih baik, sehingga memiliki sifat-sifat berikut ini :
·         Mempunyai sifat thermal yang baik
·         Tidak mudah terbakar
·         Dapat digunaka pada suhub 3000C

2.    Minyak Organik (Minyak Nabati)
Minyak ini terbagi menjadi 4 bagian :

a.    Minyak jarak
Minyak jarak adlah minyak yg di dapat dri ekstraksi biji tanaman jarak (Jatropha curcas). Minyak jarak ini tergolong juga ke dalam golngan minyak nabati. Minyak ini tiba di biarkan terb uka dalam waktu yg sangat lama pda suhu di atas 400C.
Minyak jarak inin di buat dengan metode pengepresan. Dengan cara :
·         Pertama biji jarak yang sudah tua,
·         Di jemur selama 3 hari hingga kulitnya akan pecah dengan sendirinya
·         Untuk memisahkan bagian biji dengan kulinya digunakan alat pemisah biji (hal ini dilakukan untuk mendapatkan biji utuh yang lebih banyak)
·         Biji yang sudah dipisahkan dari cangkangnya kemudian diberi pemanasan pendahuluan (yaitu berupa pemanasan dengan uap pada suhu 170oC selama 30 menit, pemanasan dengan oven pada suhu 1050C selama 30 menit serta pemanasan dengan penggongsengan biji sehingga biji cukup panas untuk dilakukan pengepresan)
·         Pengepresan dilakukan dengan alat pengepres hidraulik

Daging biji yang telah dipanaskan, dimasukkan ke dalam kain saring, untuk selanjutkan dipress dalam alat pengepres hidraulik, untuk menghasilkan minyak jarak.

b.    Minyak Kelapa Murni
Minyak kelapa murni disebut juga virgin coconut oil (VCO) adalah minyak yg di buat dari daging kelapa segar. VCO berbeda dari minyak goreng biasa, karena VCO dihasilkan dengan sangat murni tanpa menambahkan bahan kimia pada pembuatannya. VCO ini memiliki warna yang bening dan bau yang tidak menyengat.

Proses dalam pembuatan VOC
Dimulai dari pemarutan kelapa yang kemudian diberi air lalu diperas,sehingga menghasilkan santan. Dan Santan tersebut kemudian disaring.
Untuk kemudian diproses dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan metode sentifugasi. Santan yang telah disaring tadi lalu dimasukkan ke dalam alat sentrifugasi, sehingga menghasilkan tiga lapisan ialah :
·         lapisan protein
·         Air dan
·         Minyak.
Terbentuknya tiga lapisan ini karena perbedaan berat jenis dari masing-masing santan tersebut. Lapisan paling atas adalah lapisan minyak yang diinginkan atau VCO.

c.    Minyak Kelapa Sawit
Minyak kelapa sawit disebut juga Crude Palm Oil (CPO) merupakan hasil olahan dari daging buah kelapa sawit melalui proses perebusan Tandan Buah Segar (TBS), perontokan, dan pengepresan. CPO ini diperoleh dari bagian mesokarp buah kelapa sawit yang telah mengalami beberapa proses, yaitu sterilisasi, pengepresan, dan klarifikasi.

proses pembuatan CPO, dimulai dengan mensterilkan tandan dengan memberikan steam/uap air ke dalam mesin sterlizier, setelah itu buah dipisahkan dari tandan dengan menggunakan alat pemipil (striper), buah yang telah dipisahkan dari tandan ini, kemudian dihancurkan, untuk selanjutnya diekstraksi dengan menggunakan alat pengempa, sehingga dihasilkanlah minyak kelapa sawit. Namun minyak ini masih banyak pengotornya, oleh sebab itu minyak tersebut harus dilakukan penjernihan dengan cara disaring getar, untuk menghilangkan serabut, selanjutnya dipanaskan hingga suhu 90 – 100 0C, setelah itu baru diendapkan, sehingga dihasilkanlah minyak CPO yang baik.

d.    Minyak Kedelai
Minyak kedelai merupakan minyak yang diperoleh dari ekstraksi biji kedelai. Minyak ini memilki warna kuning cerah serta bau yang tidak begitu menyengat, bila diproses dengan baik.

Proses pembuatan minyak kedelai dimulai dari menguliti biji kedelai, setelah itu biji dihancurkan dengan melakukan pemanasan pada suhu 74 – 790C selama 30 – 60 menit, agar kulit kedelai dapat mengelupas dan butir-butir minyak dapat berkumpul, sehingga memudahkan dalam proses ekstraksi. Proses ekstraksi dilakukan dengan cara dipress menggunakan pengepress hidraulic. Minyak yang dihasilkan ini , harus dilakukan pemurnian lagi, untuk mendapatkan minyak kedelai yang baik. Pemurnian dilakukan dengan cara filtrasi untuk menghilangkan kotoran yng tidak terlarut.

            Isolator Cair


Isolasi cair memiliki dua fungsi yaitu sebagai pemisah antara bagian yang bertegangan dan juga sebagai pendingin  Sehingga banyak digunakan pada peralatan seperti transformator, Pemutus Tenaga, switch gear.
Fahmi Khalis
Terima Kasih

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

Jenis-jenis Isolator Cair

Jenis – jenis isolator cair Isolator cair merupakan minyak isolasi. Minyak isolasi ini terbagi beberapa jenisnya, berdaasarkan bahan pe...